jajanan-sehat.jpeg

Bagi anda yang hobi memburu jajanan, ingatlah bahwa tidak semua penjual makanan mementingkan faktor kesehatan. Saya akan membagikan tips yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih jajanan yang sehat.
  1. Amati Warna Makanan

    Jangan memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan warna yang mencolok dan jauh berbeda dari warna asli pada umumnya. Zat pewarna yang tidak aman kerap ditemui pada jajanan seperti kerupuk, es krim atau snack lainnya. Amatilah warna makanan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya dari pewarna yang tidak aman.
  2. Cicipi Rasanya

    Jika pada saat Anda mencicipi makanan terasa tajam, seperti gurih yang berlebih hingga membuat lidah bergetar, jangan teruskan memakannya. Ingatlah bahwa lidah Anda dalam membedakan makanan yang aman dan tidak biasanya cukup jeli.
  3. Resapi Aromanya

    Jangan langsung memakan jajanan sebelum Anda mencium baunya. Mikroorganisme sudah terkontaminasi pada makanan dengan aroma bau apek atau tengik. Tak ada pilihan lain selain membuangnya demi kesehatan Anda.
  4. Lihatlah Komposisinya

    Untuk makanan dengan kemasan, biasanya tertera komposisi bahan makanannya. Pastikan produk sudah terdaftar dan memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan, terlebih pada produk impor. Cermati itu pada label kemasan. Telitilah membaca dan jadilah konsumen cerdas.
  5. Perhatikan Teksturnya

    Kesegaran makanan bisa dilihat dari teksturnya. Banyaknya jajanan di pasar membuat Anda harus cermat memilih. Jika warnanya sudah berubah, terlebih berjamur, maka produk tersebut sudah kadaluarsa. Sehingga tidak layak konsumsi.